Wisata Sipinsur Semakin Menjanjikan Dilengkapi Sarana Permainan Anak-anak
Posted in Pariwisata by Redaksi on Oktober 19th, 2008






Doloksanggul (SIB)
Kini objek wisata Sipinsur yang terletak di Desa Pearung, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbahas semakin menjanjikan dan sudah menjadi idola pengunjung. Dimana wisata alam itu sudah dilengkapi sarana permainan anak-anak. Bahkan belum lama ini Tim DPOD Depdagri dan Ketua Umum Panitia Pembentukan Propinsi Tapanuli Ir GM Chandra Panggabean dan Rooslynda Marpaung sudah berkunjung dan meninjau lokasi wisata tersebut.

Demikian disampaikan masyarakat setempat RH Siregar SH didampingi mantan kepala desa Pearung Torang Siregar kepada SIB, Kamis (16/10) di lokasi wisata itu.
Kedua putra daerah itu menambahkan, saat tamu khusus itu berkunjung ke Sipinsur didampingi Bupati Humbahas Drs Maddin Sihombing MSi, Kapolres AKBP Surya Sofian Hadi SH, Ketua LADN Humbahas TNI Nainggolan dan lainnya. Di hadapan Tim DPOD, Maddin mengatakan bahwa pembangunan tangga dari Sipinsur menuju Kecamatan Muara Taput sudah dimulai beberapa tahun lalu.
Berbagai kegiatan Pemkab Humbahas sering dilaksanakan di Sipinsur bahkan bila ada tamu dari luar Sumatera Utara selalu dibawa berkunjung untuk melihat keindahan Danau Toba dan Pulau Sibandang. Karena dari lokasi itu dapat dilihat dengan jelas Pulau Sibandang dan Danau Toba. Bila pengunjung berada di Sipinsur dapat melihat kapal-kapal kecil yang lalu lalang sehingga suasana semakin sejuk ditambah alam yang indah. Pembangunan di wisata itu semakin tahun bertambah, dimana di lokasi yang arealnya seluas 2 hektar sudah dibentuk jalan keliling terbuat dari paving blok. Namun perlu diketahui masyarakat, bahwa jalan itu tidak boleh dilintasi sepeda motor atau sejenisnya tapi hanya dipergunakan untuk berjalan kaki sambil bersantai.
Bahkan ada informasi, di lokasi itu akan dibangun Tugu Pahlawan Nasional Melanton Siregar sebagai daerah kelahirannya. Jalan menuju wisata Sipinsur, selama ini hanya dari jalur Kecamatan Lintongnihuta namun saat ini sudah bisa jalur Paranginan dengan kondisi jalan aspal. Menuju lokasi dari kawasan Bandara Silangit hanya hitungan menit. Para pengunjung tidak perlu khawatir mengenai “urusan perut” karena dilokasi itu sudah dibuka kantin khususnya Sabtu dan Minggu menyajikan makanan dan minuman ringan. (T10/c)